PUPUK (Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil)

adalah organisasi non-profit, independen dan bersifat non politis yang bergerak dalam pengembangan usaha kecil dan menengah di Indonesia.

TENTANG P.U.P.U.K

PUPUK (Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil) atau The Association for Advancement of Small Business

adalah organisasi non-profit, independen dan bersifat non politis yang memposisikan diri sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang pengembangan. Usaha Kecil. PUPUK didirikan untuk menjawab perlunya kegiatan pengembangan UK yang terintegrasi di semua lini ekonomi. Awal berdirinya PUPUK melalui program Peningkatan Industri Kecil, PIK- KADIN Jawa Barat, yang dimulai tahun 1979 kerjasama dengan sebuah lembaga dari Jerman yaitu Friedrich-Naumann-Stiftung (FNSt). Pada tahun 1988 program PIK-KADIN Jawa Barat dan FNSt dikelola secara independen untuk memperluas ruang lingkup wilayah dan capaian yang lebih komprehensif dan dilembagakan menjadi PUPUK, dengan badan hukum PERKUMPULAN. Lembaga Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil disahkan oleh Departemen Kehakiman Republik Indonesia melalui SK No. C2-765.HT01.03.TH88.

Menyalurkan aspirasi dan memperkuat keberadaan usaha kecil, sehingga melahirkan wirausaha-wirausaha yang independen dan tangguh menghadapi persaingan ekonomi.

Melaksanakan program-program penguatan usaha kecil dengan basis potensi yang dimiliki oleh usaha kecil dan kebutuhan usaha kecil dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya yang dimiliki Indonesia, melalui pendekatan di tingkat mikro, meso dan makro.

  • Mikro : pelatihan manajemen, layanan pengembangan bisnis, layanan informasi, dan konsultasi.
  • Meso : mendorong terciptanya infrastruktur dan system pendukung yang kondusif bagi pengembangan usaha kecil, melakukan peran intermediary, dan katalisator seluruh stakeholder bagi pengembangan usaha kecil.
  • Makro : melaksanakan studi, dialog dalam konteks daya saing daerah.

Sehingga dalam implementasinya, PUPUK akan berperan menjadi lembaga yang mendorong terjadinya inovasi dalam pengembangan Usaha Kecil di Indonesia.

Donor Internasional

  • BET-UNDP sebuah proyek bermitra dengan lembaga Increase didukung oleh UNDP untuk Basic Enterpreneurship Training melalui online, 02 Agustus 2021 – 31 Desember 2021.
  • ACTION (Activive Citizens Building Solidarity and Resilience in Response to COVID-19 In Dki Jakarta, West Java, Yogyakarta, Makassar, Lombok in collaboration with Hivos, CISDI, Institut Kapal Perempuan, Pamflet, SAPDA, Jan 2021- July 2022.
  • Political Economic Analysis USAID ERAT di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Tuban, Kota Pasuruan dan Kabupaten Ponorogo yang didanai oleh The Asia Foundation, 16 April 2021 -30 Agustus 2021.
  • Kolaborasi Pasar PAPeDA di Papua, didanai oleh The Asia Foundation, 1 Februari 2021- 31 Juli 2021.
  • Engaging Business Development Services (BDS) to Build Business Capacity of Sanitation Entrepreneurs in West Java Dki Jakarta &Tanggerang Region Office (WJDT RO) of USAID IUWASH PLUS 2020
  • Local Entrepreneurship Development Program (LEDPro) Funded by Ford Foundation, October 2017-2020.
  • Program Perlindungan Anak (Yes I Do) di Sukabumi, Rembang dan Lombok Barat bekerjasama dengan Plan.
  • Green Beans PRISMA Project adalah proyek untuk meningkatkan penghasilan petani kacang hijau, Proyek ini berlokasi di Madura – Jawa Timur, Januari 2015 – Januari 2017.
  • CAPRI Project (Cassava M4P Project) di Jawa Timur dan NTT bekerjasama dengan SNV dan AIP-PRISMA, 2014- 2017
  • SWITCH Asia Program – PROSPECT Indonesia - Promoting Sustainable Consumption and Production Eco Friendly Rattan (NAD, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Pulau Jawa), didanai oleh European Union, bekerjasama dengan SNV Netherlands Development Organization dan Innovationszentrum Lichtenfels e.V. Germany, January 2013 – January 2017.
  • Switch Asia Program : Asian Cleantech MSME Financing Network (ACMFN), bekerjasama dengan ADFIAP (Philipines), Adelphi (Germany), CII India and Green Startups (China), didanai oleh European Union, Mei 2016 – April 2020.
  • Peningkatan Daya Saing Rumput Laut Melalui Penerapan Inclusive Business Model dan Skema Pembiayaan Inovatif di Kabupaten Palopo, Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Ford Foundation dan MICRA, tahun 2013 – 2014.
  • Program SWITCH-Asia - SCOPE Indonesia - Scaling Sustainable Consumption and Production in the Soybean Processing Industry in Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Gunung Kidul dan Kulon Progo) dilaksanakan oleh Mercy Corps dan PUPUK Bandung dengan support dari European Union, Maret 2012 – Desember 2015.
  • Pengembangan Daya Saing UKM di Kota Palu (Kakao dan Industri Rotan), Kab. Tegal (Komponen Mesin) dan Kab. Samosir (Kopi) bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Koei Research Institute (KRI) Japan, tahun 2013 – 2015.

Implementasi CSR

  • Project - Tough Indigenous Enterprise Development Program adalah Program CSR dari Perusahaan British Petroleum (BP Indonesia) dengan PUPUK sebagai Implementor program untuk memberdayakan masyarakat lokal di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, 2015 -2018.
  • PGN SAKA Project, adalah proyek yang mendukung operasi pertambangan terkait di bidang social ekonomi. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah sekitar proyek. Proyek ini berlokasi di kawasan pesisir Gresik- Jawa Timur, 2013 – 2017.
  • Supplemental Resettlement Action Plan Cirebon Majalengka (Srap Ciremai) Program, bekerjasama dengan Pt. Erm And Pt. Lms, Maret 2014 – Desember 2018.
  • Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah (Local Economic Development) di Kecamatan Samarang dan Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Bekerjasama dengan Program CSR Chevron Geothermal Indonesia, Ltd, tahun 2008 – sekarang.
  • Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah (Local Economic Development) di empat kecamatan Ring-1, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Bekerjasama dengan Program CSR PT. Kaltim Prima Coal,Tbk., tahun 2008 – 2015.

Program Independen

  • Road To Growth, proyek PUPUK dengan KINARA Indonesia, proyek mandiri PUPUK Surabaya, targetnya adalah untuk meningkatkan kapabilitas perempuan pengusaha pada aspek pengelolaan bisnis, khususnya keuangan, Nopember 2020 – Juli 2021.
  • Jogja Creative Hub, Funded by Bekraf, 2017-2019.
  • Sekolah Ekonomi Desa (SED) PUPUK merupakan jaringan kerja tenaga ahli professional yang memiliki fokus minat dan kompetensi dalam mendorong kemandirian desa melalui jalur pengembangan ekonomi desa, 2015 – sekarang.
Rieta R Dewi

Ketua Dewan Pengurus

Ikhsat Syukur

Wakil Ketua Dewan Pengurus

Early Rahmawati

Sekretaris Jenderal

Fatchurahman

Bendahara

Zukri Saad

Anggota Dewan Pengurus

ini gambar
Lokasi Kami

Saat ini PUPUK memiliki 5 kantor perwakilan dan 2 desk office yang ada di 7 provinsi di Indonesia.

Kantor Perwakilan Bandung, Kantor Perwakilan Surabaya, Kantor Perwakilan Yogyakarta, Kantor Perwakilan Makassar, Kantor Perwakilan Tegal, Desk Borneo, Desk Palu,

Layanan

Jasa layanan dan kompetensi

PUPUK meliputi antara lain : Pengembangan Rantai Nilai. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR). Pengembangan Klaster Industri dan lain - lain

Portal

PUPUK berkomitmen

untuk terus menyebarluaskan informasi yang bermanfaat untuk pengembangan UKM, melalui pembelajaran baik (lesson learned) dari berbagai kegiatan yang dilakukan.

[PERS RILIS] Program Tanggap COVID-19 Uni Eropa dan Hivos Perkuat Ketahanan dan Solidaritas Masyarakat di DKI Jakarta, Bogor, Lombok Timur, Makassar, dan Yogyakarta

Keterangan Foto : Nurul Aulia Kamila dan Hukmiati, peserta pelatihan bisnis dan ...

Lokakarya Nasional Pemulihan Ekonomi Kerakyatan Melalui Program Penguatan UMKM Terdampak Pandemi

Lokakarya Nasional Keberlanjutan Pengembangan UMKM: Uni Eropa melalui Proyek ACTION ...

Lihat Company Profile kami untuk info lebih lanjut