Pertemuan lokakarya peningkatan kapasitas usaha di Desa Limbangan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2019 yang dihadiri oleh 28 orang peserta. Fokus peningkatan kapasitas di Desa Limbangan berbeda dengan Desa Sukaraja dimana di Desa Limbangan sebagian besar petani maka peningkatan lebih kepada bagaimana meningkatkan usaha pertanian. Pendekatan yang dilakukan dengan melihat apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar atau konsumen. Disamping itu pemenuhan aspek legalitas usaha menjadi sesuatu yang penting seperti izin usaha, PIRT, BPOM, HACCP, ISO dan  NPWP.

Narasumber dalam kegiatan in berasal dari rumah kratif Sukabumi Pak Eko Pramana putra. Materi yang disampaikan Pa Eko terkait dengan pasar dan pengembangannya. Pak Eko menjelaskan mulai dari pentingnya penentuan segmen pasar yang secara psikografi yang meliputi usia, hoby, gender, demografi wilayah kota, perumahan, pendidikan. Untuk produk utama di Limbangan ini adalah beras organic, maka penentuan segmen pasar harus sudah mulai diidentifikasi dengan pendekatan  dan teori tadi. Disamping itu dapat belajar dari orang yang memiliki produk yang sama dengan kita, yang sudah menjalankannya sehingga akan lebih mendekati untuk keberhasilanya.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga ilmu manageman sehingga semua dapat terkontrol dengan baik apalagi dengan menggunakan pendekatan keagamaan untuk kendala kita pemasaran karna strategi kita tidak mengenalkan produk secara massif biar orang tahu keunggulan dan testimoni dari orang yang menggunakan produk ini dengan memperhatikan harga jual.


















Pendampingan dan peningkatan kapasitas usaha Desa Limbangan


Peningkatan kapasitas usaha desa dengan mengundang 30 orang, tetapi peserta yang hadir sebanyak 20 orang. Narasumber berasal dari Dinas KUKM Pak Nadang dan Bu Elis dari pengusaha Sukaraja Babeh Yammy yang mendapatkan prestasi nasional. Kegiatan dilaksankan pada tanggal 19 Mei 2019 bertempat di Kube Saluyu.  

Dengan diawali memberikan pemahaman secara umum apa pentingnya program pengembangan kewirausahaan di desa  untuk mencegah 3 isu dengan pendekatan ekonomi dengan cara mengembangkan ekonomi masyarakat untuk bisa melanjutkan pendidikan dan mendorong program pemerintah Wajar dikdas 12 tahun, yang ke dua memotivasi remaja untuk mau memikirkan masa depannya dengan cara memaksimalkan waktu luangnya dengan aktivitas yang bermanfaat yaitu weekand class yang pembimbingnya adalah pelaku usaha desa yang sudah berkiprah dalam pengembangan ekonomi diantaranya ada 4 pengusaha olahan sukaraja yang sudah terkenal KUBE Saluyu, Babeh Yammy, kacang renyah panineungan dan Nissa Sari.

Narasumber dair Babeh Yammy berbagi pengalaman bagaimana melalakukan pengurusan legalitas formal usaha mulai dari izin usaha, PIRT. Disamping itu berbagi pengalaman bagaimana pentingnya menentukan segmen pasar dari produk dan usaha yang dijalankan dengan menjada kualitas dan kontinuiutas produk.









  








65 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Pendampingan dan peningkatan kapasitas usaha Desa Sukaraja

Pendampingan usaha Desa Cikelat

Pada hari Rabu, tanggal 22 Mei 2019 dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas usaha desa di desa Cikelat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 30 orang peseta yang terdiri dari 26 orang peserta | Read More…….

Lokakarya SRA Kecamatan Cisolok

Lokakarya dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2019 bertempat di ruang multimedia SMPN 1 Cisolok. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang terdiri dari 13 orang perempuan dewasa| Read More…….

66 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 821 2001 3075

Contact Person: Early Rahmawati

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Cecep Kodir jaelani



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 813 5561 5575

Contact Person : Yusran

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 821 2001 3075

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Kelas Bisnis Sekolah MTs Nurul Faizah

elas bisnis di Mts. Nurul Faizah dilaksanakan pada Kamis, 23 Mei 2019, dipercepat dari jadwal biasanya karena sekolah akan menghadapi libur. Kegiatan kali ini dipandu oleh Bapak Asep Ilham, S.Pd. | Read More…….

Kelas Bisnis Desa Cisolok

Kelas bisnis baru di dusun  baru dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 26 Mei 2019 di ruangan madrasah diniyah dusung Bangbayang yang memiliki tempat lebih luas dan nyaman.| Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS