Kelas bisnis di Desa Cikelat telah memasuki pertemuan keempat untuk tahun ini. Materi yang disampaikan berkaitan erat dengan materi sebelumnya mengambil dari modul kewirausahaan, yaitu mengambil peluang usaha di sekitar, menyiapkan rencana bisnis dan pengayaan praktik membuat olahan produk.

Kegiatan kelas bisnis lama sudah dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 25 Mei 2019 di rumah Irvan Fauzi. Irvan Fauzi adalah ketua remaja masjid dan juga ketua kelas bisnis di Desa Cikleat untuk angkatan pertama / kelas lama. Peserta yang hadir sebanyak 13 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki dengan jumlah keseluruhan 25 orang.

Peserta belajar bersama dan berdiskusi mengenai modul kewirausahaan menangkap peluang usaha dan menyiapkan rencana bisnis dibawah bimbingan Kang Redi dan CO PUPUK. Kegiatan kelas bisnis dilakukan sore hari sambil mempersiapkan diri untuk berbuka bersama dan mengemas olahan makanan tajil untuk dijual di sekitar desa. Sudah beberapa hari ini berjualan tajil bersama dengan menggunakan modal uang kas kelas bisnis yang selama ini dikelola oleh mereka. setiap hari mereka berjualan sambil beramal. Sisa hasil jualan mereka yang tidak laku terjual, mereka bagi-bagikan kepada jamaah masjid desa Cikelat secara gratis. Selain menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kegiatan tersebut juga membantu mereka untuk berkegiatan positif di bulan ramadhan serta supaya dapat lebih memaknai lagi bulan Ramadhan
















Kelas bisnis Desa Cikelat


Sebelum melakukan sosialisasi pengenalan dan pelatihan dunia kerja/usaha dilakukan beberapa persiapan seperti :

- Penyampaian ToR kegiatan kepada KPAD dan pemerintah desa dalam rangka memberitahukan dan mendapatkan persetujuan akan diselenggarakan kegiatan.

- Diskusi dengan peserta magang tahun 2018. Diskusi dilakukan dalam rangka mendapatkan masukan dan evaluasi pelaksanaan pengenalan dan pelatihan kerja yang akan dilakukan. Hasil diskusi antara lain :

- Pelatihan kerja di Hotel cenderung berat dalam mengerjakan tugasnya karena hampir disamakan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai hotel.

- Sebelum pengenalan dan pelatihan kerja dilakukan sebaiknya ada pembekalan tertulis dari perusahaan dan menunjuk penanggungjawab sehingga lebih terarah dan sistematis.

- Waktu pelaksanaan magang disesuaikan dengan ketersediaan waktu peserta dan disepakati di awal dengan perusahaan.







  








59 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Persiapan penjaringan dan sosialisasi pengenalan dan pelatihan kerja / usaha

Pelatihan Penguatan Pemasaran

Desa Kediri dan Jagaraga Indah Kegiatan peningkatan kapasitas usaha ini juga dilakukan di 2 desa di Kecamatan Kediri, Lombok Barat yaitu di Desa Kediri dan Jagaraga Indah.

 | Read More…….

Pelatihan Penguatan Pemasaran

Kegiatan peningkatan kapasitas usaha dilakukan dalam bentuk pelatihan satu hari dengan fokus kegiatan di setiap desa dampingan. peningkatan kapasitas usaha dilakukan guna meningkatkan| Read More…….

60 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: M. Farid Fauzi

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Budhi Prasetya



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 812 4241 906

Contact Person : Asdar Masduki

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Kelas Bisnis Desa Jagaraga Indah

Kegiatain kelas bisnis di Desa Jagaraga Indah pada bulan Mei dilaksanakan sebanyak 3 kali dan materi yang disampaikan tidak berbeda jauh dengan kelas bisnis yang dilakukan di Desa Kediri.| Read More…….

Kelas Bisnis Desa Kediri

Pertama  kelas bisnis dilakukan di SMPN1 Kediri pada hari Rabu, 22 Mei 2019 jam pelajaran sekitar jam 09.00 – 11.30, bertempat di ruang kelas putri VIIIA, SMPN 1 Kediri, dengan jumlah peserta 27 orang perempuan| Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS