Desa Kediri dan Jagaraga Indah

Kegiatan peningkatan kapasitas usaha ini juga dilakukan di 2 desa di Kecamatan Kediri, Lombok Barat yaitu di Desa Kediri dan Jagaraga Indah.

Desa Jagaraga Indah : Tanggal 21 Mei 2019, bertempat di PKBM Aksara Muda Desa Jagaraga Indah dilaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas usaha yang dihadiri oleh 26 peserta, 25 perempuan dan 1 orang laki – laki, sebagian besar peserta sebagai pelaku usaha dengan jenis usaha yang bervariasi mulai dari abon cabe (kelompok yang telah dibentuk sebelumnya, kerjasama dengan DPPKBP3A Lombok Barat), kerupuk, cilog, taoge, ikan bakar, gorengan. Selain itu peserta berasal dari unsur PKBM dan PKK desa.

Kegiatan diawali dengan sharing pengalaman usaha dari pelaku usaha seperti usaha cilog, abon cabe dan kerupuk, cerita diawali dari bagaimana merintis usaha, bagaimana memasarkan, omset dan juga perijinin usaha. Hasil diskusi semua pelaku usaha yang mengikuti kegiatan belum memiliki aspek legalitas usaha seperti IUMK, PIRT. Selain itu dalam kegiatan produksi masih menggunakan bahan atau pengawet berbahaya, hanya usaha abon cabe menggunakan bahan yang aman dikonsumsi.















Peningkatan Kapasitas Usaha : Pelatihan Penguatan Pemasaran dan Kelembagaan


Kegiatan peningkatan kapasitas usaha dilakukan dalam bentuk pelatihan satu hari dengan fokus kegiatan di setiap desa dampingan. peningkatan kapasitas usaha dilakukan guna meningkatkan dan kapasitas manajerial usaha dari aspek kelembangaan, pemenuhan legalisasi usaha (izin usaha, PIRT) dan penguatan pemasaran. Penguatan dan peningkatan kapasitas usaha sebagai bagian upaya meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga di desa dampingan sehingga lebih mampu dan berdaya secara ekonomi yang akan berdampak pada upaya mencegah dan mengurangi pernikahan usia anak, kehamilan remaja yang disebabkan karena keterbatasan kemampuan ekonomi keluarga.

Sebelum diselenggarakan kegiatan terlebih dahulu melakukan serangkaian persiapan, seperti : 1. Koordinasi dengan PLUT NTB dalam rangka mendiskusikan materi dan metode fasiltasi yang akan dilakukan; 2. Koordinasi dengan PKBM, KPAD dan pihak Desa untuk memilih peserta dalam kegiatan ini.

Desa Sekotong Timur dan Lembar Selatan

Kegiatan peningkatan kapasitas usaha di Desa Sekotong Timur dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2019 bertempat di Yayasan Tarbiayatul Ulum Dusun Jelateng Sidenggang Desa Sekotong Timur dan diikuti peserta berjumlah 27 orang Terdiri dari 6 orang peserta laki-laki dan 21 orang peserta perempuan. Sedangkan untuk Desa Lembar Selatan kegiatan peningkatan kapasitas usaha dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2019 bertempat di sekretariat KPAD/ PKBM atau  balai dusun lembar. Jumlah peserta di Desa Lembar Selatan berjumlah 43 orang atau melebihi dari jumlah peserta yang di rencanakan. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dan yang menjadi  fasilitator adalah Bapak Muhammad Nur Rahmad, SE. dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) NTB.






  








57 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Peningkatan Kapasitas Usaha : Pelatihan Penguatan Pemasaran dan Kelembagaan

Kelas Bisnis Desa Jagaraga Indah

Kegiatain kelas bisnis di Desa Jagaraga Indah pada bulan Mei dilaksanakan sebanyak 3 kali dan materi yang disampaikan tidak berbeda jauh dengan kelas bisnis yang dilakukan di Desa Kediri.| Read More…….

Kelas Bisnis Desa Kediri

Pertama  kelas bisnis dilakukan di SMPN1 Kediri pada hari Rabu, 22 Mei 2019 jam pelajaran sekitar jam 09.00 – 11.30, bertempat di ruang kelas putri VIIIA, SMPN 1 Kediri, dengan jumlah peserta 27 orang perempuan| Read More…….

58 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: M. Farid Fauzi

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Budhi Prasetya



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 812 4241 906

Contact Person : Asdar Masduki

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Kelas Bisnis Desa Sekotong Timur

Untuk di Desa Sekotong Timur kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 dan 24 Mei 2019. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan di Desa Sekotong Timur . | Read More…….

Kelas Bisnis Desa Lembar Selatan

Kegiatan kelas bisnis di Desa Lembar Selatan dilaksanakan di desa dan di sekolah dampingan. Untuk kegiatan di sekolah dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2019 di SMPN 2 Lembar| Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS