Ya….., Lima Belas  tahun silam, Anggun  seorang dan motor penggerak teman perempuan  dari Desa Ngasinan, Kecamatan Kragan  Kabupaten Rembang lahir. Anggun gadis kecil banyak talenta ini mempunyai segudang kegiatan baik di rumah ataupun disekolah. di desanya anggun sebagai salah satu  agen perubahan mencoba mendorong remaja perempuan untuk sekolah guna memenuhi dan menggapai hak nya agar derajat perempuan sama dengan laki-laki didesanya.

Anggun adalah seorang fasilitator bagi teman-temannya dalam kegiatan rutin kelas bisnis, senyum yang khas selalu memberikan energi positif dan motivasi untuk mewujudkan perubahan yang lebih baik bagi anak dan remaja perempuan di Desa nya.  Melalui kelas bisnis, Anggun menyalakan lilin semangat remaja sebayanya untuk semangat belajar, semangat sekolah,semangat berkegiatan, semangat untuk berkreasi susuai bakat dan minat untuk mendobrak budaya-budaya yang merugikan kaum perempuan.

Aktif dalam banyak kegiatan tidak lantas prestasi buruk bahkan prestasi anggun menjadi lebih baik. Di sekolah anggun seorang siswi yang aktif berkegiatan, seperti : ikut paduan suara, Osis, Pramuka dan ikut gerakan Literasi. Anggun bak mutiara di manapun berada tetap akan bersinar dan berharga, inilah kiasan yang bisa kami ungkapkan.










SEMANGAT KARTINI TERPANCAR DI BALIK SENYUM ANGGUN


Pada hari Senin tanggal 15 April 2019, kami melakukan kunjungan rutin ke SMPN 1 Cisolok dalam rangka melihat sejauh mana penerapan SRA di SMPN 1 Cisolok. Ditemui disela waktu istirahat, Bapak Feri, Bapak yanto, dan Ibu Elis menyampaikan bahwa sejauh ini penerapan SRA di SMPN 1 Cisolok sudah berusaha diterapkan semaksimal mungkin meskipun banyak kendalanya, akan tetapi komitmen untuk mewujudkannya bersama lebih penting dari sekedar hanya berfokus pada berbagai kekurangannya saja.

Kemudian pada hari Selasa,16 april 2019 menemui Bapak yanto selaku wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dan berdiskusi masih mengenai penerapan SRA serta keberlangsungan kelas bisnis serta penyampaian modul kewirausahaan di SMPN 1 Cisolok. Dan berinteraksi dengan anak secara langsung untuk mengetahui sejauh mana ketersampaian materi-materi pada modul kewirausahaan di SMPN 1 Cisolok. Dari hasil diskusi serta interaksi dengan warga sekolah secara langsung tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya penerapan SRA di SMPN 1 Csiolok telah berjalan meski dengan berbagai kekurangannya. Kendala yang paling utama adalah belum menyeluruhnya kesepahaman antara para guru yang pernah dan sering ikut kegiatan Yes I Do dengan sebagain guru yang belum pernah ikut sama sekali. Ketidaksepahaan itu bukan dikarenakan sekolah tidak memyampaikan kembali, hanya saja ada beberapa point penting khususnya mengenai hak-hak anak terkait pembelajaran di sekolah yang memang harus disampaikan oleh ahlinya sehingga tidak ada rantai informasi yang terputus kepada mereka. Selain para guru, orang tua siswa juga belum memiliki pemahaman yang seragam terkait isu perlindungan anak serta pemenuhan hak-hak anak ini.



  








51 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Pendampingan SRA SMPN 1 Cisolok

Kelas Bisnis Sekolah SMPN 1 Cisolok

Pada bulan April ini kegiatan kelas bisnis dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 April 2019 dikarenakan jadwal sekolah yang padat menghadapi libur untuk kelas 7 dan 8 serta UNBK untuk kelas 9 . | Read More…….

Kelas Bisnis Desa Cisolok

Kelas bisnis baru di dusun  baru dilaksanakan pada Minggu 27 April 2019 di rumah salah satu warga di dusun Gunung Geulis pada sore hari selepas magrib | Read More…….

52 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: M. Farid Fauzi

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Budhi Prasetya



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 812 4241 906

Contact Person : Asdar Masduki

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Pendampingan di SMPN 2 Kragan

Pendampingan dan kunjungan di SMP N 2 Kragan dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu bulan ini. Pendampingan dilakukan dengan dua metode yakni berkunjung langsung dan pendekatan secara personal dengan whatssap. | Read More…….

Pendampingan dan peningkatan kapasitas usaha

Pada bulan April 2019 sebagai tindak lanjut dari pemberdayaan ekonomi yang sudah dilakukan kepada orang dewasa/kaum muda dan kelompok usaha yang ada di desa dampingan,| Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS