Pendampingan dan kunjungan di SMP N 2 Kragan dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu bulan ini. Pendampingan dilakukan dengan dua metode yakni berkunjung langsung dan pendekatan secara personal dengan whatssap.

Kunjungan pertama pada hari Kamis tanggal 4 April 2019, koordinasi dan diskusi bersama Bapak Anwar sebagai coordinator YIDA di SMPN 2 Kragan membahas mengenai konsep pembuatan stand-stand dari pembelajaran softskill dan kewirausahaan pada pameran yang akan diselenggarakan di SMP N 2 Kragan.

Pameran Hasil implementasi Softskill dan Kewirausahaan di SMP N 2 Kragan dalam Acara Lomba MTQ tingkat Kecamatan Kragan  diinisiasi oleh pihak sekolah, khususnya coordinator yes Ido SMP N 2 Kragan (Pak Anwar) dan teman- teman guru serta YID. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 April 2019, ada 6 stand yang di buat teman-teman di SMPN 2 kragan, yang akan di isi oleh hasil dari implementasi softskill dan kewirausahaan. Pelaksanaan pameran berjalan sesuai rencana, dimana stand jualan ramai dikunjungi siswa dan guru. Hal ini memberikan indikasi positif agar anak bisa belajar tentang kewirausahaan di sekolah secara komprehensif.








Pendampingan di SMPN 2 Kragan

Pada bulan April 2019 sebagai tindak lanjut dari pemberdayaan ekonomi yang sudah dilakukan kepada orang dewasa/kaum muda dan kelompok usaha yang ada di desa dampingan, sudah dilakukan upaya peningkatan kapasitas usaha dalam hal penguatan manajerial usaha dari aspek kelembangaan, pemenuhan legalisasi usaha (izin usaha, PIRT) dan penguatan pemasaran. Penguatan dan peningkatan kapasitas usaha sebagai bagian upaya meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga di desa dampingan sehingga lebih mampu dan berdaya secara ekonomi yang akan berdampak pada upaya mencegah dan mengurangi pernikahan usia anak, kehamilan remaja yang disebabkan karena keterbatasan kemampuan ekonomi keluarga.

Sebelum diselenggarakan kegiatan terlebih dahulu melakukan serangkaian persiapan, seperti : 1. Koordinasi dengan KPAD dan pihak Desa untuk memilih peserta dalam kegiatan ini; 2. Koordinasi dan diskusi dengan dinas INDAKOP UMKM Kab Rembang terkait dengan sinergisasi kegiatan Yes I Do dengan kegiatan Dinas, sehingga kedepannya bisa menjadi perhatian khusus dari dinas, 3. Koordinasi dan diskusi dengan Forum UMKM sebagai Fasilitator dalam kegiatan tersebut, guna menyamakan dan membulatkan pendekatan dan konsepsi kegiatan

Desa Woro Kegiatan dilakukan pada hari sabtu tanggal 30 April 2019 bertempat di balai desa Woro   dengan jumlah peserta 20 orang terdiri dari 7 peserta laki-laki dan 13 peserta perempuan dan juga dari aliansi yes I do dan fasilitator terdiri dari 4 orang, yakni 4 laki-laki. Metode dalam peningkatan kapasitas ini adalah Problem solving, pitching terkait pelaku usaha dan juga pengembangan potensi wisata woro dengan mengabungkan konsep Outbound



  








47 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Pendampingan dan peningkatan kapasitas usaha

Peningkatan Kapasitas PKBM

Kegiatan peningkatan kapasitas PKBM dilakukan di setiap PKBM dampingan di setiap kecmaatan sehingga lebih spesifik dan detil. Kegiatan peningkatan Kapasitas PKBM | Read More…….

Kelas bisnis di Sekolah Dampingan

Kelas bisnis di SMPN 2 Kragan diikuti oleh 32 peserta peserta laki-laki dan 14 Peserta perempuan. Kelas bisnis dilakukan pada saat setelah jam pelajaran. Untuk kedepannya akan di buatkan ekstra kelas bisnis| Read More…….

48 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: M. Farid Fauzi

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Budhi Prasetya



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 812 4241 906

Contact Person : Asdar Masduki

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Kelas Bisnis Desa Sekotong Timur

Hal yang sama juga dilakukan di Desa Sekotong Timur, di mana kelas bisnis dilakukan di kelas atau kelompok yang baru dan kelompok lama. Kelas bisnis pertama di bulan ini dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019 | Read More…….

Kelas Bisnis Desa Lembar Selatan

Kegiatan kelas bisnis pun juga telah dilaksanakan di Desa Lembar Selatan sebanyak dua kali yaitu kelompok lama pada tanggal 27 April 2019  di rumah salah satu warga dengan jumlah peserta 13 orang,| Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS