Hal yang sama juga dilakukan di Desa Sekotong Timur, di mana kelas bisnis dilakukan di kelas atau kelompok yang baru dan kelompok lama. Kelas bisnis pertama di bulan ini dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 10 anak perempuan dan di fasilitasi oleh ibu Wati yang merupakan anggota KPAD. Kegiatan dilaksanakan di Dusun Jelateng Sidenggang bertempat di Aula Desa Sekotong Timur.

Dalam menyampaikan materi asyiknya berwirausaha, fasilitator memulai dengan menggambarkan permen dan obat  dan menjelaskan kalau permen yang biasanya manis dibaratkan sebagai keuntungan melakukan kegiatan usaha sendiri dan obat sebagai kerugian jika tidak menjadi pengusaha. Dari materi ini terlihat peserta mampu mengidentifikasi dan menyebutkan apa kelebihan atau keuntungan menjadi pengusaha dan apa kerugiaanya dengan cara menuliskan dalam kartu metaplan.

Materi berikutnya peserta diajak mengidentifkasi dan mengambil peluang usaha apa yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal. Sesi ini diawali dengan peserta menyebutkan jenis atau kegiatan usaha yang ada di sekitar seperti batu bata, usaha bahan bangunan, usaha pakaian, usaha makanan dan usaha kerupuk.  Kemudian fasilitator menghubungkan dan menjelaskan bahwa usaha yang ada biasanya diinisiasi dalam rangka menyelesaikan masalah atau adanya kebutuhan masyarakat sekitar, seperti usaha makanan : jaman sudah semakin maju, kadang ada orang yang malas memasak sehingga sesekali mereka membeli makanan. Selain itu banyak orang yang dari tempat atau desa lain lewat dan berhenti untuk membeli makan di warung- warung makan di pinggir jalan. Dari sesi ini peserta menjadi paham bahwa di sekitar tempat tinggal kita merupakan peluang untuk berkreasi dan inovasi menjadi satu kegiatan ekonomi yang memberikan penghasilan.






Kelas Bisnis Desa Sekotong Timur

Kegiatan kelas bisnis pun juga telah dilaksanakan di Desa Lembar Selatan sebanyak dua kali yaitu kelompok lama pada tanggal 27 April 2019  di rumah salah satu warga dengan jumlah peserta 13 orang, 5 laki-laki dan 8 perempuan. Pada pertemuan bulan sebelumnya membahas materi dari modul dan disepakati untuk pertemuan bulan april ini melakukan praktek pembuatan produk jajanan. Produk jajanan yang dibuat adalah jajanan local seperti kue kelepon dan pastel. Kegiatan kelas bisnis ini di Fasilitasi oleh Ibu Ningsih, dimana ibu Ningsih ini memiliki kemampuan dalam membuat produk jajanan. Peserta antusias dalam memperhatikan dengan seksama penjelasan dari fasilitator dan dengan semangat mempraktekkan pembuatan jajanan mulai dari mempersiapkan bahan sampai menjadi produk.

Praktek membuat jajanan sebagai persiapan mengahadapi bulan Ramadhan, dimana peserta weekend class berencana untuk mencoba berjualan jajanan takjil / berbuka puasa. Peserta weekend class membuat rencana berjualan takjil, sedangkan produk takjil yang akan dijual merupakan produk yang di buat oleh beberapa ibu-ibu peserta weekend class dari kelompok dewasa. Hal ini juga sebagai pembelajaran bagi anak-anak peserta weekend class untuk melakukan usaha. Direncanakan juga untuk mencoba berjualan takjil secara online menggunakan media social.






43 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Kelas Bisnis Desa Lembar Selatan

Kelas Bisnis Desa Jagaraga Indah

Kegiatain kelas bisnis di Desa Jagaraga Indah juga tidak berbeda jauh dengan apa yang dilakukan di Desa Kediri, di mana kegiatan dilakukan hanya saru kali untuk kelompok baru. Kegiatan kelas bisnis | Read More…….

Kelas Bisnis Desa Kediri : Kelompok lama

Kegiatan kelas bisnis di Desa Kediri telah dilaksanakan sebanyak satu kali yaitu dikelompok lama pada hari Sabtu tanggal 27 April 2019  bertempat di rumah ketua KPAD Kediri| Read More…….

44 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: M. Farid Fauzi

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Budhi Prasetya



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 812 4241 906

Contact Person : Asdar Masduki

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Kelas Bisnis Sekolah MTs Nurul Faizah

Sistem tutor sebaya masih kami laksanakan untuk kelas bisnis di MTs Nurul Faizah ini. Jumlah pelajar yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan SMPN 1 Cisolok, membuat pendampingan dan pembinaan di sekolah  | Read More…….

Kelas Bisnis Sekolah SMPN 1 Cisolok

Untuk tahun 2019 ini, kegiatan kelas bisnis di SMPN 1 Cisolok telah dirancang untuk ditetapkan menjadi ekstrakulikuler tersendiri sehingga jumlah peserta yang terlibat tidak dibatasi.| Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS