3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

Program kerjasama pengembangan UKM yang dilaksanakan oleh PUPUK berlandaskan pada upaya perkuatan kapasitas UKM. UKM partisipan program ditempatkan sebagai mitra sejajar. Capaian dari program kerjasama pengembangan UKM ini adalah menguatnya usaha UKM peserta progam ditinjau dari indikator usaha. Serta terbentuknya iklim usaha yang sehat dan positif.



Project - Tangguh Indigenous Enterprise Development Program Adalah sebuah program csr dari perusahaan British Petroleum (BP Indonesia) yang bekerjasama dengan PUPUK sebagai pelaksana program dan PUPUK bermitra dengan Yayasan Matsushita Gobel dan Juga PT. Caladi 59 untuk pemberdayaan masyarakat asli PAPUA yang berada di Kabupaten Teluk Bintuni,

Program SRAP Supplemental Resettlement Action Plan/pemulihan matapencaharian penduduk (livelihood restoration) diMajalengka dan Cirebon berkerjasama dengan PT.ERM dan PT.LMS tahun 2014-2018.

Program SWITCH-Asia - PROSPECT Indonesia - Promoting Eco Friendly Rattan Products Indonesia, didanai oleh European Union, bekerjasama dengan SNV Netherlands Development Organization dan Innovationszentrum Lichtenfelse.V. Germany, Januari 2013 – Januari 2017.

Pengembangan Daya Saing UKM di Kota Palu (Kakao dan Industri Rotan), Kab. Tegal (Komponen Mesin) dan Kab. samosi (Ulos), Pontianak (Aloevera) dan mojokerta (Alas Kaki) kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Koei Research Institute (KRI) Japan, tahun 2013 – 2016.

Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah (Local Economic Development) di Kecamatan Samarang dan Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Bekerjasama dengan Program CSR Chevron Geothermal Indonesia, Ltd, tahun 2008 – sekarang.

Program Peningkatan Daya Saing Komoditi Singkong di Jawa Timur dan NTT Kerjasama dengan SNV dan AIP-PRISMA tahun 2014 – 2016

Program Peningkatan Daya Saing Rumput Laut (REACTS Project) di Sulsel, Sultra, Sulteng, dan Kaltara, berkerjasama dengan MICRA dan di danai oleh Ford Foundation tahun 2014-2017

Program SWITCH-Asia- SCOPE Indonesia- Scaling Sustainable Consumption and Production in the Soybean Processing Industry in Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Gunung Kidul dan Kulon Progo) dilaksanakan oleh Mercy Coprs dan PUPUK Bandung dengan support dari European Union, Maret 2012 – Desember 2015.'

Value Chain Development – dalam konteks Livelihoods Recovery Program di Kepulauan Mentawai kerjasama dengan ILO, FAO dan UNDP, April 2012 sd sekarang.

Inisiasi dan Pengembangan Klaster Industri Cabai Merah di Kabupaten Garut. Dilaksanakan oleh PUPUK Bandung bekerjasama dengan Bank Indonesia Bandung, Mei 2011 sd Desember 2011.

Inisiasi Klaster Industri Ayam Broiler di Kabupaten Ciamis dan Tasikmalaya. Dilaksanakan oleh PUPUK Bandung bekerjasama dengan Bank Indonesia Tasikmalaya, April 2011.

Program Pengentasan Kemiskinan di Perkotaan (Jabotabek) menggunakan Pendekatan Rantai Nilai (Value Chain Development) pada Sektor Industri Tahu dan Tempe, program konsorsium PUPUK Bandung dengan Mercy Corps International dan Swisscontact, didukung oleh SEEP Network dan Bill - Melinda Gates Foundation, Tahun 2009 s/d 2011.

Program Peningkatan Daya Saing 60 Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Se-Jawa Barat dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Jawa Barat. Dilaksanakan oleh PUPUK Bandung bekerjasama dengan Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat, Juni – Desember 2010.

Program Peningkatan Daya Saing 120 Koperasi Wanita dan Kelompok Wanita Se-Jawa Barat dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Jawa Barat. Dilaksanakan oleh PUPUK Bandung bekerjasama dengan Dinas KUKM Provinsi Jawa Barat, Juni – Desember 2010.

Program Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah Berbasis Klaster Industri Nilam (Value Chain Development) di Kabupaten Sumedang, dilaksanakan oleh PUPUK Bandung bekerjasama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency), Agustus 2009 sd Maret 2010.

Pelatihan Pangan Olahan dan Kemasan bagi UKM Pangan di Propinsi Kalimantan Selatan, yang disponsori oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Kalimantan Selatan, Agustus 2009.

Pelatihan Klaster Industri bagi UKM Pangan dan Dinas Kota/Kabupaten di Propinsi Kalimantan Selatan, yang disponsori oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Kalimantan Selatan, Juli 2009.

Peningkatan Daya Saing Industri Bordir Kota Tasikmalaya menuju Niche Market dalam Konteks Industri Kreatif - Penumbuhkembangan Lembaga Intermediasi PI-UMKM, kerjasama dengan PI-UMKM BPPT, Kadin Kota Tasikmalaya, Mei – Desember 2009. Dan Pendampingan Industri Kreatif berbasis Produk Unggulan Lokal seperti Bordir, Batik, Handycraft melalui peran lembaga Trading House Kampung Tasik kerjasama dengan Kadin Kota Tasikmalaya di Kota Tasikmalaya Tahun 2008 sd sekarang.

Pendampingan Sentra Minyak Atsiri Oleh Tenaga Spesialis diprovinsi Maluku (Sentra Minyak Kayu Putih di Kabupaten Seram Bagian Barat), dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku , tahun 2008.

Assistance for Restoration of Microenterprise and Microfinance in Aceh (ARMMA) (JFPR 9079-INO) at NAD Province, kerjasama Asian Development Bank – PT.MADEP, konsorsium bersama PUPUK dan PINBUK, Tahun 2007 – 2009.

Model Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah yang Berbasis Klaster Industri, melalui Pendidikan Pelatihan Petugas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Jembrana Tahun 2008, Dilaksanakan bekerjasama dengan Kepala Kantor Diklat Daerah Kabupaten Jembrana, tahun 2008

Model Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah yang Berbasis Klaster Industri melalui Penyusunan Rencana Strategis Peningkatan Investasi Kabupaten Sumedang, Dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Investasi Kabupaten Sumedang, tahun 2008

Model Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah yang Berbasis Klaster Industri melalui Pembuatan dan Pendampingan Sistem Trading TPT Bordir di Tasikmalaya dan Tanah Abang (Kampung Tasik) Jakarta, Dilaksanakan bekerjasama dengan Kadin Kota Tasikmalaya, tahun 2008

Model Program Penguatan Daya Saing Ekonomi Daerah yang Berbasis Klaster Industri melalui Pengembangan Makanan Olahan PPK IPM Jawa Barat Kabupaten Sumedang Tahun 2007, Dilaksanakan bekerjasama dengan PEMDA Kabupaten Sumedang, Tahun 2007

Model Program Penguatan Jaringan Business Development Services (BDS) untuk UKM, Dilaksanakan bekerjasama dengan Uni Eropa, tahun 2004-2005.

Model Program Pengembangan Daya Saing Daerah Melalui Penguatan Klaster Industri Berbasis UKM Di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dilaksanakan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan, tahun 2004

Model Program Pengembangan usaha kecil dan menengah sebagai instrumen untuk penguatan kemampuan swadaya dan perspektif pengembangan jangka panjang di Jawa Barat, tahun 1999 – 2004:

Tekstil (Tenun ATBM dan Kerajinan Mendong) Majalaya Kabupaten dan Kota Bandung, kerjasama dengan PiBi IKOPIN Program ini didukung oleh European Union dan FNSt Jerman.

Model Program Penanggulangan PHK Tenaga Kerja Akibat Krisis Moneter (Pilot Project di sentra Rotan Kabupaten Cirebon), kerjasama dengan kerjasama dengan Depperindag RI, 1999.

Model Program Pemberdayaan Wanita Tani di Kabupaten Karawang, sumber utama pembiayaan dari Levi’s Corp USA, dalam implementasinya didukung oleh pemda Karawang, tahun 1998-1999.

Model Program Pembinaan Langsung Industri Kecil Potensial Jawa Barat (rotan, Kayu olahan, kulit dan logam), Depperindag RI dan Balai Besar Keramik, 1997 dan 1998

Model Program Program Transformasi Warung Tradisional Menjadi Retail Modern, Kerjasama PUPUK dengan PT. Semen Gresik Tbk., 1997







Kerjasama Pengembangan UKM

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: Nurhasanah

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Cecep Kodir jaelani



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 813 5561 5575

Contact Person : Yusran

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 821 2001 3075

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS