Tim SEKOLAH EKONOMI DESA bergerilya, dari satu desa ke desa lainnya untuk bercerita, berdiskusi, menyusun strategi pengembangan ekonomi desa berkelanjutan. Yang menarik ketika berkunjung di desa sub urban seperti desa Sidomoyo, kecamatan Godean, kabupaten Sleman ini, yang secara administratif merupakan desa namun secara sosial dan ekonomi sudah seperti wilayah kota.

BUMDesa bisa jadi menjadi hal yang kurang menarik bagi desa sub urban, bukan karena tidak ada potensi sumberdayanya melainkan karena adanya kerentanan dalam konflik. Jika begini, maka dibutuhkan leadership yang kuat pada kepala desa untuk menggelar proses pendirian BUMDesa yang partisipatif dan akuntabel dalam koridor regulasi yang jelas.

Hal awal yang dilakukan sebaiknya pemerintah desa melakukan pemetaan potensi desa secara komprehensif, baik peluang pun tantangan. Potret potensi inilah yang kemudian dijadikan basis untuk menyusun Studi Kelayakan Pendirian BUMDesa sehingga pemdes memiliki landasan yang kuat atas keputusan2nya terkait pendirian BUMDesa. Studi Kelayakan ini juga menjadi bahan inti draft Perdes Pendirian BUMDesa yang ditetapkan setelah mendapatkan persetujuan Musyawarah Desa.

Kunjungan Tim Sekolah Ekonomi Desa PUPUK

Pelatihan Dasar Konsultasi Bisnis

Pelatihan Dasar Bisnis Konsultan Bisnis, bagaimana langkah praktis menjadi konsultan bisnis profesional. Sejalan dengan Action Research yang sedang dilakukan Forbiz dan IBCF   | Read More…….

Pelatihan Wirausaha Desa

Pelatihan Wirausaha Desa yang dilaksanakan di Hotel Grage Yogyakarta Pada tanggal 28 November- 2 Desember, yang merupakan salah satu proyek dari Sekolah Ekonomi Desa Yogyakarta | Read More…….

18 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

kunjungan ke Bappeda Cirebon dan 2 Perusahaan industri rotan di Cirebon yang dilakukan oleh tim PUPUK yang terdiri dari Ibu Early Sebagai Sekjen PUPUK beserta Ibu Rieta R. Dewi sebagai anggota Dewan Pengurus PUPUK dan Bapak Asdar Masduki serta Bapak Mulyadi sebagai Anggota PUPUK bersama tim PSDBM dalam rangka survey untuk membangun jaringan bisnis rotan antara Makassar dan Cirebon.

17 | NEWS P.U.P.U.K YIDA

Kunjungan Linked Bisnis

Sekolah Ekonomi Desa

Hal yang sangat krusial dalam menginisiasi BUMDesa adalah menentukan usaha apa dan yang seperti apa yang akan diputuskan menjadi unit usaha dalam BUMDesa | Read More…….

SWITCH-Asia Roundtable Networking.

PUPUK dan SNV berpartisipasi mengikuti acara SWITCH-Asia Regional Roundtable dan Networking diselenggarakan pada tanggal 2 juni -3 Juni dan bertempat di Best Western Premier Tuushin Hotel di Ulaanbaatar, Mongolia | Read More…….

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Yogyakarta

Jl. Riang Gembira 61D Maguwoharjo Yogyakarta

Phone : +62 821 2001 3075

Contact Person : Early Rahmawati

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK  Bandung

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Cecep Kodir Jaelani



PUPUK  Makassar

Jl. Teluk Bayur II No.12 Kelurahan Maccini Makassar | Phone : +62 852 99533636

Contact Person : Asdar Masduki


PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232 | Phone : +62 31 8283976

Fax : +62 31-8283976 | Contact Person: Nurhasanah

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Tegal

Jl. Tegalandong Lebaksiu Kab. Tegal | Phone : +62 283 342054

Contact Person : M. Syaikhudin


PUPUK  

Lendo Novo

E-mail : lendo.novo@gmail.com

Early Rahmawati

E-mail : onearly@gmail.com

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id


PUPUK  Jakarta

Jl. Tebet Barat Dalam IV B No.21 Jakarta Selatan | Phone : +62 813 8873 3275

Contact Person : Alip Purnomo

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS