Perempuan Indonesia memiliki peran aktif dalam mengembangkan iklim kewirausahaan Indonesia, lebih dari 60% pengusaha di Indonesia adalah perempuan. Usaha kecil milik perempuan telah menyumbang Rp 443 triliun, dan usaha menengah milik perempuan Rp 421 triliun untuk perekonomian Indonesia di tahun 2013. Namun, mayoritas perempuan pengusaha saat ini terkonsentrasi pada usaha mikro atau kecil, dan angka kewirausahaan perempuan menurun seiring dengan semakin besarnya ukuran usaha. Walaupun pada umumnya pengusaha baik laki-laki maupun perempuan, sama-sama mengalami hambatan dalam memulai atau mengembangkan bisnis (terbatasnya akses permodalan, jaringan, pasar, dan program pelatihan usaha), hambatan yang dirasakan perempuan biasanya lebih besar. Di luar kendala yang telah disebutkan tadi, secara khusus perempuan pengusaha juga mengalami beban ganda (harus bertanggung jawab untuk rumah dan pekerjaan/bisnis), serta adanya norma sosial yang membatasi fleksibilitas mereka untuk berkegiatan (misal sulit ikut pelatihan sehari penuh karena tidak bisa meninggalkan anak, perasaan enggan apabila ikut kegiatan yang menginap, tidak punya jaminan, dst).

PUPUK membuka kesempatan bagi anggota dan alumni program PUPUK untuk mengikuti pelatihan Road to Growth secara gratis! Kursus ini merupakan salah satu tahapan dari WEAVE, program Cherie Blair Foundation for Women (CBFW). WEAVE memiliki 3 tahapan program; HerVenture (aplikasi belajar bisnis yang tersedia di Google PlayStore and Apple Store), Road to Growth, dan Mentoring. Road to Growth merupakan program pembelajaran selama 6 minggu yang membekali perempuan dengan keterampilan dan alat untuk menjadi pemilik usaha kecil dan berkembang yang sukses. Program ini merupakan salah satu upaya kolaboratif yang dikembangkan untuk membangun keterampilan bisnis dan kesiapan investasi perempuan pengusaha. Road to Growth pertama kali diluncurkan di Nigeria pada 2015/16 untuk mendukung 500 pemilik bisnis kecil dan berkembang di Nigeria. Hingga saat ini, Road to Growth telah mendukung 2000 perempuan pengusaha di Nigeria dan Meksiko. Untuk memperluas dampak program, di tahun 2020 ini CBFW bekerja sama dengan Kinara Indonesia untuk mengimplementasikan Road to Growth di Indonesia.

Peserta  akan mendapatkan kursus pelatihan online yang disusun berdasarkan kurikulum Road to Growth yang dikembangkan khusus untuk berfokus pada enam tema utama. Kursus ini akan dilengkapi dengan dukungan dari para instruktur kursus dan pembelajaran di antara sesama rekan peserta dan juga aktivitas pengembangan jaringan.

6. Tema Road to Growth:

1) Koneksi: Mengembangkan visi untuk usaha Anda dan mengidentifikasi langkah-langkah untuk mencapainya.

2) Konteks:    Mengenali pasar Anda, memahami positioning usaha.

3) Kapasitas:    Menganalisis laporan keuangan dan meningkatkan profitabilitas.

4) Kapital (Modal): Mengembangkan strategi pembiayaan yang mendukung rencana pengembangan untuk usaha Anda.

5) Karakter: Mengelola hubungan dengan lembaga keuangan (misal bank, koperasi), mengenali hak-hak dan tanggung jawab Anda sebagai pengusaha.

6) Kepercayaan Diri: Membangun rasa percaya diri dalam mengajukan aplikasi untuk memperoleh pembiayaan.

Melalui 6 tema Road to Growth di atas, peserta diharapkan mendapatkan kompetensi-kompetensi dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam berbisnis.

Pendaftaran

Pendaftaran Road to Growth telah dibuka hingga 15 Desember 2020. Anda diwajibkan untuk mengisi formulir lamaran yang bisa diakses melalui link bitly.com/r2gPUPUK. Formulir ini dapat diisi secara bertahap. Pendaftar akan menerima notifikasi melalui email untuk mengakses kembali formulir pendaftaran. Jadi, pastikan diri Anda menaruh alamat email yang valid untuk bisa mengakses kembali form pendaftaran yang sedang Anda isi. Kami juga menyarankan agar Anda dapat menyiapkan beberapa data terkait jenis usaha Anda seperti, jumlah karyawan, data penjualan, dan data-data keuangan yang akan memudahkan pengisian formulir.

Kriteria Pendaftaran

Perempuan Pengusaha anggota PUPUK yang tertarik untuk melamar ke tahap WEAVE Road to Growth harus memiliki akses ke internet, memiliki keterampilan literasi komputer mendasar dan:

● Sudah menjadi pengguna aktif aplikasi HerVenture. Perhatikan: Calon peserta akan diminta untuk memberi tahu berapa banyak token yang sudah mereka dapatkan sejauh ini.

● Memiliki atau mengelola usaha di Indonesia

● Memiliki antara 3 sampai 30 karyawan di usahanya.

● Memiliki kebutuhan adanya investasi tambahan (dan tidak memiliki pinjaman/pendanaan dari lembaga-lembaga keuangan formal sebelumnya)

● Memiliki aspirasi dan komitmen yang kuat untuk mengembangkan usaha

● Memiliki penjualan tahunan berkisar antara IDR 200.000.000 sampai IDR 2.500.000.000

Pelatihan

Kelas khusus pelatihan untuk anggota/alumni program PUPUK akan diselenggarakan pada 11 Januari - 21 Februari 2021. Satu kelas berisi 30 peserta yang akan dibagi ke dalam 5-6 kelompok belajar. Setiap kelas akan mendapatkan 2 instruktur pendamping. Selama periode belajar mandiri, peserta akan menjalankan aktivitas kursus dalam bentuk:

● Pembelajaran materi melalui video

● Studi kasus

● Diskusi online mingguan bersama coach

● Aktivitas bersama kelompok belajar

● Sesi konsultasi melalui grup WhatsApp

● Menyusun komponen Rencana Perkembangan Usaha

● Mengisi daftar hadir kursus

● Melengkapi formulir umpan balik mingguan

Fasilitas

Peserta yang diterima dalam program ini akan mendapatkan fasilitas berikut:

1) Akses pelatihan 6 minggu tanpa dipungut biaya

2) Akses ke platform pelatihan Road to Growth. Platform ini akan terus dapat diakses setelah program selesai sehingga setiap peserta dapat kembali untuk mengulang pembelajaran tertentu jika dibutuhkan.

3) Coaching gratis dengan business coach yang berpengalaman.

4) Akses ke lembaga keuangan formal untuk membantu kebutuhan pendanaan di masa mendatang.

5) Kesempatan untuk mendapatkan “1 on 1 mentoring” selama 6 bulan dengan mentor dari dalam dan luar negeri yang tergabung dalam Cherie Blair Global Mentorship Program.

6) Sertifikat keikutsertaan dalam pelatihan Road to Growth

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda dan tingkatkan kompetensi sebagai perempuan pengusaha yang handal! Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi:

Sendri| +62 818-0320-2855 |https://www.pupuk.or.id/





Road to Growth Indonesia: Perempuan Pengusaha Kuat Bersama PUPUK

84 | NEWS P.U.P.U.K

3

10

5

6

7

1

8

2

9

4

©. Copyrighat by Perkumpulan untuk Peningkatan Usaha Kecil



PUPUK  Surabaya

Jl. Karah Tama No. 7 Surabaya - 60232

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person: Ike Sulistiowati

[      ] Kantor / Offices:


PUPUK Bandung  

Jl. Permata Taman Sari Raya Kav.6 | Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Indonesia 40293

Phone : + 62 22 7834482, + 62 22 7834483, | Fax : + 62 22 7834484

Contact Person : Budhi Prasetya



PUPUK  Makassar

Jl. Manunggal 31 No. 93, Kel. Maccini Sombala,

Kec. Tamalate, Makassar 90224|Phone : +62 812 4241 906

Contact Person : Asdar Masduki

[        ]  Contact Person :


PUPUK  Yogyakarta

Jl. Mangkuyudan No. 10 Yogyakarta

Phone : +62 31 8283976 |Fax : +62 31-8283976

Contact Person : Early Rahmawati



PUPUK  

Rieta R. Dewi

E-mail : rieta.r.dewi@pupuk.or.id

Early Rahmawati

E-mail : early_rahmawati@pupuk.or.id

E-mail : info@pupuk.or.id

Website : www.pupuk.or.id

Press Release ACTION Project

Sebagai upaya dalam menanggapi dampak COVID-19, Hivos bersama dengan lima anggota konsorsium yakni CISDI, KAPAL Perempuan, PAMFLET, PUPUK, dan SAPDA secara virtual meluncurkan proyek baru,  (ACTION).  | Read More…….

PELUNCURAN PROYEK ACTION

Meeting secara daring saat ini adalah solusi terbaik yang bisa dilakukan disaat  pandemi covid-19 masih melanda di Indonesia. Kick off meeting BDS LSIC dilaksanakan selama 5 hari tanggal 2-8 Juni 2020, | Read More…….

COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS 
COVER HOME PROFILE CONTACT US GALERY MEDIA  NEWS